Selama beberapa tahun terakhir, pelapis dinding telah banyak berkembang. Mereka dulu adalah gulungan kertas yang harus digantung dengan sangat hati-hati agar tidak diberi tanda atau merobeknya dan, begitu digantung, mereka sulit dibersihkan. Wallpaper biasa seperti ini masih banyak tersedia, tetapi selain itu ada banyak jenis lainnya. Beberapa memiliki lapisan plastik yang bisa dicuci dan vinil dan mungkin mudah dibersihkan seperti cat. Yang lain memiliki efek permukaan khusus yang sering timbul atau dengan kain, kawanan atau lapisan logam.

11 Jenis pelapis dinding

Wallpaper biasa adalah kertas dengan pola tercetak di atasnya. Permukaan kertas mungkin halus, atau mungkin timbul ke berbagai kedalaman, baik dalam mendaftar dengan desain cetak atau untuk memberi kertas keseluruhan permukaan tekstur. Ada berbagai macam desain yang tersedia lebih banyak daripada jenis pelapis dinding lainnya. Ini dijual dalam gulungan ukuran standar, berukuran sekitar 10m panjang dan lebar 530mm.

Gantung wallpaper biasa umumnya mudah, meskipun jenis yang lebih tipis mungkin robek dan yang beratnya dapat meregang. Wallpaper biasa umumnya tidak terlalu tahan terhadap kekotoran, terutama jika noda berminyak mengkhawatirkan, dan dapat dibersihkan hanya dengan penyekaan yang sangat lembut. Mereka mudah rusak oleh ketukan dan lecet dan cenderung terangkat pada sambungan dalam kondisi basah atau beruap. Tapi mereka bisa murah untuk membeli (dan tersedia) dan mudah untuk menghapus ketika Anda ingin menghias. Jenis-jenis yang berat timbul juga berguna untuk menyembunyikan gumpalan dan gundukan pada dinding yang tidak rata.

Wallpaper yang dapat dicuci adalah wallpaper yang dicetak (seperti wallpaper biasa), tetapi dengan lapisan plastik transparan tipis di atas permukaan untuk membuatnya lebih tahan terhadap noda dan bekas, dan juga untuk membuatnya lebih mudah dibersihkan. Ini sering disebut wallpaper berlapis vinil, tetapi tidak harus bingung dengan vinil yang didukung kertas. Wallpaper yang paling sering dicuci memiliki permukaan yang halus dan mengkilap, meskipun beberapa memiliki permukaan matte atau timbul. Mereka dijual dalam gulungan ukuran standar, sama seperti untuk wallpaper biasa.

Wallpaper yang dapat dicuci umumnya lebih mudah digantung daripada kertas biasa, karena mereka cenderung menggulung di bagian ujungnya, dan karena kertas dasarnya relatif tipis, kertas itu mudah robek jika ditangani secara kasar. Mereka lebih baik dalam menolak noda dan lecet daripada wallpaper biasa, dan dapat digosok (dengan lembut) bukan hanya disamarkan. Mereka meminjamkan untuk mengangkat di ujung-ujungnya di kamar beruap, tapi mungkin kelemahan terbesar dari wallpaper yang paling bisa dicuci adalah bahwa mereka sangat sulit untuk dilucuti begitu digantung. Namun, mereka menyediakan cara yang relatif murah untuk menutupi dinding yang perlu membersihkan kamar tidur, kamar mandi, dan ruang ganti anak-anak secara teratur, misalnya dan pilihan desain yang tersedia mencerminkan penggunaan yang dimaksudkan ini. Beberapa siap disisipkan.

Kertas vinil yang didukung kertas terdiri dari film plastik (biasanya dari polivinil klorida, maka namanya, meskipun plastik lain kadang-kadang digunakan) di mana desain cetak menyatu, dan backing kertas. Permukaan lapisan vinil mungkin halus atau timbul dengan berbagai tekstur yang dapat diatur secara acak atau di register dengan desain cetak. Rentang desain yang tersedia sangat besar, dan ada variasi yang cukup besar dalam beratnya backing kertas. Gulungan vinil yang didukung kertas berukuran standar dan banyak merek yang tersedia siap-tempel.

Vinyls umumnya sangat mudah digantung, dengan sedikit kecenderungan untuk meregangkan atau merobek daripada kertas biasa atau dicuci. Perekat tumpang tindih khusus harus digunakan untuk gabungan yang tumpang tindih. Mereka sangat tahan terhadap pewarnaan dan pengayuh (meskipun ujung pena bola dapat menjadi sulit untuk dihilangkan) dan dapat digosok, tetapi perawatan harus dilakukan untuk menghindari bekerja di jahitan. Kertas vinil yang didukung sangat berguna untuk kamar beruap, terutama di dapur, dan sangat mudah untuk strip – lapisan plastik dapat dikupas dari kertas belakang, yang dapat dibiarkan bertindak sebagai lapisan untuk pelapis dinding berikutnya. Vinyl relatif mahal.

Kawanan adalah pelapis dinding dengan pola dan setumpuk wol, sutra atau serat sintetis. Kawanan biasa memiliki dasar kertas yang dapat dicuci, sementara kelompok vinil memiliki tumpukan yang menyatu dengan dasar vinil yang didukung kertas. Area bermotif menyerupai beludru dalam nuansa dan penampilan. Ukuran gulung adalah standar, dan beberapa merek siap disisipkan.

Ternak biasa membutuhkan perhatian besar dalam menggantung, karena pasta akan menandai area Hocked, dan permukaannya dapat dengan mudah rusak oleh scull dan mengetuk. Kawanan vinil lebih mudah digantung (meskipun tanda tempel tetap harus dihindari jika mungkin). Setelah digantung, kawanan biasa dapat dikupas untuk menghilangkan bekas, sementara kawanan vinil dapat dicuci lebih keras (atau bahkan digosok, tergantung pada merek). Namun, dalam kedua kasus, tumpukan bisa menjadi kusut atau rata. Kedua jenis perlu disikat ringan dari waktu ke waktu untuk menjaga tumpukan bebas dari debu. Kawanan vinil mudah dilepas untuk dekorasi ulang, dengan lapisan vinil yang terpisah dari alasnya seperti pada vinil yang didukung kertas; kawanan biasa lebih sulit dihilangkan. Kedua jenis itu mahal.

Foil pelapis dinding terdiri dari film plastik metalised pada backing kertas. Mereka mungkin datang dalam satu warna emas, perak, tembaga atau bahkan pop-art terang atau mereka mungkin dicetak berlebihan dengan desain menyatu ke dalam film plastik. Beberapa pelapis dinding foil akan menghantarkan listrik dan tidak boleh digantung di tempat mereka dapat bersentuhan dengan kabel listrik – di belakang saklar lampu dan titik-titik kekuatan, misalnya. Sebagian besar merek dijual dalam gulungan ukuran standar, meskipun beberapa memiliki panjang standar non-I. Beberapa merek siap disisipkan.

Foil logam tidak terlalu mudah digantung, terutama jika sangat diembos: menggantungnya di dinding yang tidak rata akan cenderung menonjolkan tonjolan. Mereka dapat dicuci atau digosok (tetapi gosok berlebihan dapat merusak efek permukaan) dan mereka menahan noda dan menandai dengan baik. Foil logam dapat digunakan dalam lingkungan yang lembab, tetapi pengupasan dapat menimbulkan masalah, karena film plastik pelindung dan foil dapat terpisah.

Pelapis dinding relief termasuk sejumlah produk dengan satu karakteristik umum – mereka memiliki permukaan tiga dimensi dengan pola biasa atau acak yang ditujukan untuk lukisan sekali digantung. Sebagian besar adalah bagian dari keluarga whiles yang juga termasuk kertas woodchip dan kertas lining. Ada empat jenis utama, yang paling banyak dikenal adalah kertas emboss dengan relief permukaan yang relatif rendah. Tipe lain, yang lebih dalam emboss, terbuat dari kapas, bukan bubur kayu. Relief vinil adalah vinil yang didukung kertas dengan lapisan permukaan vinil padat yang sangat dalam timbul, sementara pelapis dinding relief yang melengkung memiliki permukaan dengan tekstur seperti spons yang mengingatkan pada busa plastik yang diperluas, sekali lagi pada alas kertas rata.

Semua pelapis dinding relief relatif mudah untuk digantung, meskipun perawatan harus diambil untuk tidak meratakan emboss pada jenis relief rendah yang lebih tipis ketika merapikan kertas ke tempatnya dan memotong penipuan, dan mereka menjadi masalah berat ketika Anda ingin menggunakannya. langit-langit kertas.

Setelah digantung dan dicat, jenis-jenis bantuan rendah dapat disamarkan, sementara yang lain dapat menahan perawatan yang lebih kuat, dan jenis-jenis relief vinil dan tertiup dapat digosok. Jika cat emulsi digunakan, ketahanan terhadap noda hanya adil, tetapi jika cat berbasis minyak digunakan resistansi terhadap penandaan dan scrubbability keduanya sangat meningkat. Ketika datang untuk pengupasan sebelum redecoration, vinil dan pelapis dinding relief yang ditiup bisa kering dilucuti, tetapi kertas relief yang telah dicat bahkan lebih sulit untuk strip dari wallpaper dicuci. Semua jenis ideal untuk menutupi permukaan yang buruk dan untuk menyamarkan benjolan dan benjolan.

Makalah woodchip adalah bagian dari keluarga kulit putih. Mereka adalah kertas dinding tebal berwarna lembayung di mana serpihan kayu kecil telah dicampur selama pembuatan untuk memberikan penutup dinding dengan tekstur permukaan agak seperti oatmeal kasar. Kasar, kelas menengah dan halus tersedia, teksturnya bervariasi dengan ukuran serpihan kayu. Mereka dimaksudkan untuk melukis sekali setelah digantung.

Kertas-kertas woodchip sangat mudah digantung, tetapi memotong bagian atas dan pantat tidaklah mudah dan kertas robek, meskipun air mata akan disamarkan begitu permukaannya dicat. Scuffing dan mengetuk dapat mengusir serpihan kayu dari permukaan, yang tidak sangat tahan terhadap noda kecuali dihiasi dengan cat berbasis minyak. Pengupasan tidak mudah. Namun kertas woodchip memang menawarkan cara termurah menyamarkan permukaan dinding yang buruk.

Lapisan kertas adalah kertas dinding polos yang digunakan pada dinding dan langit-langit untuk memberikan permukaan yang merata, bahkan di atas mana pelapis dinding lainnya dapat digantung. Gulungan panjang ganda dan ganda tersedia. Biasanya digantung secara horizontal. Sebuah kelas khusus yang disebut selesai ekstra putih dimaksudkan untuk melukis di atas – berguna sebagai cara merehabilitasi dinding yang retak parah tetapi sebaliknya suara di mana Anda tidak ingin permukaan bertekstur atau bermotif yang akan disediakan oleh wood-chip atau pelapis dinding relief lainnya. Kertas lining biasanya memiliki gulungan sepanjang 10m dan lebar 560mm dan, kecuali untuk kertas yang sangat tipis, relatif mudah untuk digantung.

Pelapis dinding kain terdiri dari kain seperti hessian, felt, sutra atau wol yang menempel pada penahan kertas untuk memudahkan penggantungan. Hessian yang didukung kertas adalah jenis yang paling umum (dan paling murah); yang lain tersedia terutama dari toko-toko khusus, dan bisa sangat mahal. Hessian yang didukung kertas hadir dalam nuansa alami dan diwarnai; merasa hadir dalam berbagai warna; dan sutra, wol dan kain semacam itu hadir dalam sejumlah desain dan warna. Pelapis dinding kain sebagian besar dijual dalam kain lebar (900mm, misalnya) dan dengan panjang meter daripada oleh gulungan.

Pelapis dinding kain sering digantung dengan menempelkan dinding, bukan pelapis dinding, dan perhatian besar harus diambil agar tidak menempel pada kain. Sambungan mungkin harus tumpang tindih dan kemudian dipangkas mengikuti petunjuk pabrikan. Mereka cenderung untuk menandai dengan mudah tetapi dapat dibersihkan-dengan pelarut dry-cleaning daripada sabun atau deterjen. Stripping umumnya cukup mudah – kain biasanya dapat dikupas dari backing kertas.

Pelapis dinding polyethylene berbusa tidak memiliki kertas, pola tersebut menyatu dengan permukaan plastik, dan permukaannya bertekstur ringan untuk memberikan nuansa lembut dan hangat. Ini sangat ringan, dan digantung dengan menempelkan dinding, bukan pelapis dinding. Perawatan harus dilakukan untuk tidak mencetak atau meregangkan material karena digantung dan untuk memastikan ujungnya tersangkut dengan baik. Permukaan tahan noda cukup baik, dan dapat dicuci, tetapi tidak digosok. Namun, ujung-ujungnya cenderung mengangkat sedikit dalam kondisi lembab panas. Sangat mudah untuk melucuti – itu hanya mengupas dinding dalam satu lapisan. Ini secara luas sebanding dalam harga dengan vinil yang didukung kertas, tetapi lebih mudah untuk menggantung dan tidak begitu tahan lama. Pelapis dinding polyethylene berbusa dijual dengan merek Novamura.

Pelapisan dinding vinil berbusa, juga dikenal sebagai vinil 'terpesona' atau 'pahatan', biasanya dibuat untuk mensimulasikan bahan lain, seperti ubin keramik. Permukaan diperluas oleh aplikasi panas selama pembuatan. Gantung vinil berbusa umumnya mudah, meskipun cenderung untuk mengangkat di tepi. Dengan pelapis dinding berbentuk ubin ('ubin pada gulungan'), penggabungan tidak terlalu jelas jika tepi kertas memiliki garis nat yang imitasi. Vinyls berbusa umumnya dapat digosok dan mudah digesek seperti vinil yang didukung kertas biasa.

Tags: , , ,

Leave a Reply